Tips Trik Bermanfaat, Blogger, SEO, Informasi Unik Menarik, Desain Grafis.

Solusi Menghilangkan Virus Shortcut (Ink) di Flashdisk

Solusi Menghilangkan Virus Shortcut (Ink) di Flashdisk

Solusi Menghilangkan Virus Shortcut (Ink) di Flashdisk - Postingan kali ini tentang Solusi Menghilangkan Virus Shortcut (Ink) di Flashdisk. Saya pernah beberapa kali cukup direpotkan dengan virus shortcut ini, dan hal tersebut sering saya jumpai menyerang flashdisk bahkan pernah menyerang harddisk. Dan sering juga teman-teman saya mendapatkan permasalahan yang sama mengenai hal ini. Dari situ saya mencoba mencari cara menghilangkan virus shortcut (Ink) ini.

Sebenarnya virus ini bisa dibilang sangat mudah untuk dibasmi, salah satu antivirus yang mampu membasmi virus ini adalah avast. Namun, pengalaman saya menggunakan avast, file yang terinfeksi juga dihapus. Jadi, ada cara lain agar file kita selamat, yaitu dengan menggunakan CMD atau Command Prompt dan sedikit pengetahuan tentang perintah-perintah dasar MS-DOS di CMD.

Solusi menghilangkan virus shortcut (Ink) di flashdisk dengan menggunakan Command Prompt adalah sebagai berikut. Silahkan simak langkah-langkah sederhananya.

Buka Command Prompt yang ada di Accesoriess atau klik Start pilih Run lalu ketikkan 'cmd' (*tanpa tanda petik) lalu tekan Enter pada keyboard.

Setelah Command Prompt berjalan, buka drive yang terinfeksi virus shortcut (Ink). Misalnya, flashdisk yang terserah adalah drive I. Ketikkan perintah berikut.

I: lalu tekan Enter pada keyboard.

Maka akan berpindah ke drive I:.

Selanjutnya, ketikkan perintah attrib -s -r -h /s /d dan tekan Enter pada keyboard.


Langkah terakhir, buka drive tersebut melalui My Computer atau Explorer. Maka akan kelihatan semua file yang ter-hidden. Di situ akan muncul file-file asli yang ingin kita amankan dan shortcut-shortcut beserta script virus tersebut. Copy file-file asli yang ingin diamankan ke drive lain dan format flashdisk tersebut.

Cara ini sama juga untuk menghilangkan virus yang menyerang hardisk, tanpa harus memformat harddisk, dapat dilakukan dengan cara menghapus shortcut-shortcut dan script dari virus itu saja.

Ditulis dan disadur ulang oleh:


Posted by Arifin Noviyadi , Published at Sabtu, Februari 08, 2014 and have 0 comments
Posting Komentar