Tips Trik Bermanfaat, Blogger, SEO, Informasi Unik Menarik, Desain Grafis.

Perbedaan Dateline dan Deadline

Perbedaan Dateline dan Deadline

Perbedaan Dateline dan Deadline - Dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam jejaring sosial, seringkali saya menemukan penggunakaan kata seperti ini, "Tugas menumpuk, dateline nya cuma dua hari, gimana nih?".

Tidak ada yang salah dengan maksud dari tulisan di atas, karena sebenarnya si penulis menyatakan deadline atau tenggat waktu yang dimilikinya dalam rangka menyelesaikan tugasnya. Tidak terlalu bermasalah sebenarnya jika penggunaan dateline bagi sesama orang Indonesia. Karena pengucapan dateline  dan  deadline hampir terdengan sama sama jika diucapkan oleh orang Indonesia. Namun  kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda dan tidak dapat digunakan secara substitusi antara satu sama lain. Sebaliknya, justru akan mengaburkan makna pesan yang ingin disampaikan bila kesalahan penggunaan kata dateline dan deadline itu terjadi kepada mereka yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

Kesalahan penggunaan kedua kata tersebut biasanya disebabkan jika diartikan secara sederhana, dateline = garis waktu dan deadline = garis mati. Maka pendapat sekian banyak orang pasti akan menunjuk kepada kata dateline sebagai kata yang tepat karena terdapat kata date yang merupakan salah satu elemen penunjuk waktu.

Jika masih kurang yakin, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Dateline; [noun] A phrase at the beginning of newspaper or magazine article that gives the date and place of its origin (Sebuah frase pada permulaan berita di surat kabar atau majalah yang menerangkan tanggal dan tempat kejadiannya). [Source; http://www.answers.com/topic/dateline]. Sebagai tambahan, penggunaan dateline ini juga telah diadopsi oleh stasiun televisi. Biasanya diucapkan di akhir suatu reportase (liputan), untuk memberitahu pemirsa siapa reporter dan kru (kameraman), dan di mana reportase atau kejadian itu berlangsung.

Deadline; [noun] #1. A time limit, as for payment of a debt or completion of an assignment (Tenggat waktu, untuk pembayaran utang atau penyelesaian suatu pekerjaan). #2. A boundary line in prison that prisoners can cross only at the risk of being shot (Garis batas di penjara yang hanya bisa dilalui oleh para tahanan dengan resiko ditembak). [Source; http://www.answers.com/topic/deadline].

Jadi dengan mengerti hal ini, seharusnya kita dapat mengetahui dan menggunakan kata yang tepat sehingga tidak disalah artikan. :)

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian, terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan ini.

Ditulis dan disadur ulang oleh:


Posted by Arifin Noviyadi , Published at Minggu, Mei 04, 2014 and have 0 comments
Posting Komentar